Sebagai masyarakat yang berada di dalam era revolusi industri 4.0, tentu kita tidak asing lagi dengan perusahaan jasa pengiriman atau yang biasa disebut ekspedisi. Bagi kalian yang berkecimpung di dunia bisnis atau pengguna jasa pengiriman, pasti kalian tidak asing lagi dengan istilah ekspedisi. Bisnis yang berhubungan dengan penjualan produk dan layanan harus mencari cara untuk mengirimkannya ke customer.
Jika produk dan jasa disediakan dan dijual secara online, maka mereka juga harus menentukan cara perpindahan produk dari satu titik ke titik lain melalui layanan ekspedisi tertentu. Namun, apakah pengertian ekspedisi itu sendiri? Untuk membahas lebih lanjut mengenai ekspedisi, yuk mari kita simak pembahasan artikel berikut ini:
Apa itu Ekspedisi?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disingkat dengan KBBI, ekspedisi adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai perusahaan pengangkutan barang seperti salinan yang sama bunyinya (tentang vonis atau akta), maupun perjalanan penyelidikan ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal dan pengiriman tentara untuk memerangi (menyerang, menaklukkan) musuh di suatu daerah yang jauh letaknya.
Jasa ekspedisi biasanya mengatur pengiriman barang dari satu tujuan ke tujuan lainnya. Pada dasarnya, perusahaan ekspedisi ini akan mengoordinasikan seluruh proses dan memanfaatkan berbagai operator kargo melintasi rute udara, laut, jalan raya, dan kereta api.
Jenis-Jenis Layanan Ekspedisi
Produk biasanya disimpan di gudang atau diangkut secara berurutan melalui berbagai gudang sebelum dikirim. Banyak perusahaan lebih memilih untuk menggunakan gudang perusahaan sendiri, sedangkan banyak perusahaan bekerja sama dengan penyedia layanan logistik pihak ketiga.
Meskipun warehouse adalah aspek lapangan yang sangat fleksibel dan tidak kompleks, namun tetap saja memiliki elemen tertentu yang membuat situasi menjadi lebih kompleks. Penyimpanan yang kalian butuhkan akan menentukan ruang yang dibutuhkan produk kalian, aspek waktu kebutuhan ruang kalian, seberapa mudah produk kalian dapat diakses, dan masih banyak lagi.
Barang dan pesanan besar sebagian besar dikirim dengan bantuan pengiriman barang. Hal ini merupakan kombinasi kendaraan tertentu seperti kapal, kereta api, kargo, truk, dan banyak lagi. Layanan pengiriman juga mencakup layanan drayage yang memungkinkan pesanan kalian diangkut dari pelabuhan ke gudang tertentu untuk penyimpanan.
Sama seperti warehouse, pengiriman barang juga penuh dengan kompleksitas dan melibatkan fluktuasi konstan dalam kekurangan tenaga kerja, permintaan, waktu pengiriman, dan masih banyak lagi. Tugas penyedia logistik adalah untuk memastikan bahwa produk dikirimkan tepat waktu, apa pun situasinya atau situasi apa yang dihadapi perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan loyalitas merk dan loyalitas pelanggan tetap konstan.
Pengiriman kurir adalah salah satu layanan pengiriman paling populer yang dipilih oleh perusahaan. Perusahaan jasa pengiriman seperti Pos Indonesia, JNE, Si Cepat, dan sebagainya yang sangat populer sekarang. Layanan kurir sebagian besar dicairkan untuk pesanan yang lebih kecil dan untuk produk yang sangat rentan dan membutuhkan perawatan ekstra selama pengiriman.
Layanan kurir memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada pengiriman barang. Alasannya sangat sederhana yaitu jasa kurir mengurus pesanan yang lebih kecil, bukan barang dalam skala besar. Banyak supplier cenderung memesan jasa kurir untuk langkah terakhir ketika produk tertentu mencapai langsung ke pelanggan yang dituju dari gudang.
Bagaimana, sangat menarik bukan pembahasan mengenai ekspedisi? Semoga artikel ini bermanfaat ya.
Referensi:
https://ithinklogistics.com/blog/what-is-the-meaning-of-logistics-services/
https://www.universalcargo.com/what-does-a-freight-forwarder-do-do-you-need-one/
SHARE THIS ARTICLE:
— BY flits_wpadmin Feb 10, 2023
— BY flits_wpadmin Feb 10, 2023
— BY flits_wpadmin Feb 10, 2023
— BY flits_wpadmin Feb 10, 2023
For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.