Cara Membuat Laporan Laba/Rugi Perusahaan Ekspedisi Truk

Published 22 May 2021 in Management by flits_wpadmin

Ekspedisi truk banyak digunakan oleh berbagai industri untuk mengangkut bahan baku atau mengirimkan barang dalam jumlah besar. Maka tidak mengherankan bila bisnis ini menjamur dan memiliki banyak karyawan. 

Dalam sebuah perusahaan ekspedisi, pasti ada seorang karyawan yang berperan sebagai admin atau petugas administrasi yang membukukan segala catatan masuk dan keluarnya barang, keuangan maupun informasi pengemudi. Admin tersebut harus bisa membuat laporan laba/rugi perusahaan ekspedisi truk yang sejatinya tidak mudah. 

Diperlukan ketelitian dan ilmu-ilmu dasar tentang akuntansi untuk dapat membukukan laporan keuntungan perusahaan. Untuk membantu Anda selaku admin kantor yang hendak mempelajari cara membuat laporan laba/rugi sebuah perusahaan, khususnya ekspedisi truk maka simak tulisan ini sampai akhir.

Memangkas biaya angkutan adalah salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan perusahaan

Biaya operasional angkutan yang perlu dicatat antara lain uang jalan sopir, upah muat barang, upah bongkar pasang, uang solar, dan uang timbangan (Foto: Pexels.com)

  1. Mencatat Biaya Operasional Truk

Terdapat sejumlah truk yang dioperasikan untuk ekspedisi, namun perhitungan biaya operasional tetap didasarkan pada masing-masing truk karena kebutuhannya seringkali berbeda. Tinjau biaya operasional truk berdasarkan nama kebutuhan (uang jalan sopir, upah muat barang, upah bongkar pasang, uang solar, uang timbangan), nama proyek, dan nilai/harga dari kebutuhan tersebut. Pastikan disertakan nama dan nomor bukti transaksi serta tanggalnya.

      2. Mencatat Pendapatan Jasa Angkutan Truk

Selanjutnya adalah mencatat pendapatan jasa angkutan truk. Isian formatnya seputar nama pelanggan, nomor bukti, tanggal, keterangan, jumlah satuan (berapa ton), harga (per satuan) dan total biaya. Format ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bisa disertakan juga terkait biaya lain, total pajak, total setelah pajak, potong uang muka, maupun piutang.

Apabila biaya operasional dan pendapatan telah tercatat, maka akan lebih mudah dalam menghitung laba/rugi kegiatan ekspedisi truk. Anda dapat menggunakan spreadsheet di excel untuk memudahkan perhitungan.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana dalam menyusun laporan laba rugi untuk perusahaan ekspedisi truk:

  1. Persiapkan komponen-komponen pendukung laporan laba rugi antara lain adalah jurnal transaksi, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, dan kertas kerja (neraca lajur).
  2. Catat (posting) transaksi pada jurnal transaksi yang berisi akun pendapatan dan beban baik itu operasional maupun non operasional ke dalam buku besar per akun.
  3. Kemudian, rekap saldo buku besar pendapatan dan beban tersebut ke dalam neraca saldo.
  4. Lakukan penjurnalan untuk penyesuaian pada akun beban dan pendapatan apabila terdapat kesalahan pencatatan transaksi.
  5. Posting neraca saldo dan jurnal penyesuaian ke dalam kertas kerja atau neraca lajur.
  6. Salin saldo akhir akun-akun pendapatan dan beban yang didapat dari penjumlahan/pengurangan antara neraca saldo dengan jurnal penyesuaian ke kolom laba rugi (income summary) pada neraca lajur.
  7. Pindahkan nominal tiap akun yang ada di kolom laba rugi neraca lajur ke dalam format laporan laba rugi.
  8. Pastikan akun-akun yang masuk ke dalam laporan laba rugi hanya lah akun-akun yang berkaitan dengan pendapatan dan beban baik itu operasional maupun non operasional.

Kurang lebih begitu cara membuat laporan laba/rugi untuk ekspedisi truk. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Apabila hendak menyederhanakan format laporan laba/rugi, maka dapat dibuat secara simple dengan menulis (1) pendapatan, berasal dari mana saja dan jumlah pendapatannya berapa, dan (2) beban operasional, yang berisi tentang beban sewa, beban BBM, beban perlengkapan dan sebagainya termasuk berapa jumlah biaya yang dikeluarkan. Hingga di akhir laporan dapat tertulis laba bersih yang berasal dari pendapatan dikurangi beban operasional.

Dengan mengetahui berapa laba rugi, maka selanjutnya dapat diambil Tindakan untuk meneruskan kegiatan atau memikirkan tentang inovasi-inovasi guna meningkatkan permintaan ekspedisi truk. Dan laporan laba/rugi ini bisa jadi lebih akurat lagi perhitungannya bila Anda menggunakan software dari Flits.id, bahkan Flits sudah menyediakan laporan laba/rugi per kendaraan sehingga memudahkan Anda untuk monitor keuntungan tiap kendaraan.

Latest News

Inilah 5 Software Logistik TMS Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Sistem Manajemen Transportasi (Transportation Management System/TMS) alias software logistik merupakan sebuah platform untuk mengatur operasional logistik perusahaan untuk proses penerimaan order, tracking kendaraan, perawatan kendaraan, hingga analisis laba/rugi perusahaan secara...

Apa Itu Flits Transportation Management System dan Manfaatnya Untuk Bisnismu

Bisnis start up kini semakin merajalela. Merambah berbagai lini dan celah yang bisa didigitalisasi demi menebar kebermanfaatan yang lebih luas. Termasuk dalam hal pengaturan ekspedisi yang dilakukan oleh truk-truk besar...

Menangkap Peluang TMS di Indonesia

TMS adalah singkatan dari Transportation Management System atau sistem manajemen transportasi, yakni platform logistik yang menggunakan teknologi untuk membantu bisnis dengan melaksanakan dan mengoptimalkan sumber yang dimiliki Joseph Nuroho, Managing...

Cara Memangkas Biaya Bisnis Jasa Angkutan Truk

Ketika menjalankan sebuah bisnis, mendapatkan keuntungan maksimal menjadi tujuan utama dari pemilik bisnis. Semakin sedikit pengeluaran sebuah bisnis, semakin besar bisnis tersebut mendapatkan keuntungan yang maksimal. Lalu bagaimana cara membuat...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.