Mengenal Truk Gandeng dari 3 Ciri-Cirinya

Published 15 Sep 2021 in Uncategorized by flits_wpadmin

Truk gandeng adalah salah satu transportasi yang difavoritkan para pengusaha untuk mengirim logistik atau barang-barang yang cukup besar. Misalkan bahan baku bangunan, bahan baku industri, bahan baku makanan, dan lainnya. Hal ini lantaran truk gandeng memiliki kapasitas yang besar dan siap untuk diajak menempuh medan berat sekalipun.

Namun sebenarnya truk jenis ini  memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh jenis truk lainnya loh! Ciri inilah yang menjadikannya spesial dan sering dimanfaatkan untuk kebutuhan logistik. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri truk gandeng supaya kamu lebih mengenalnya. Simak baik-baik ya!

illustrasi truk gandeng

Illustrasi truk gandeng (Foto: Tribunnews)

3 Ciri-Ciri Truk Gandeng yang Harus Kamu Tahu

1. Pasti Memiliki 2 Muatan

Orang-orang mengenal truk gandeng karena ciri khasnya, yaitu membawa 2 bak muatan di belakangnya. Bak muatan pertama menempel dengan kepala truk, kemudian bak muatan kedua berada di belakangnya dengan roda sendiri yang ditarik oleh truk depannya. 

Konstruksi truk jenis ini sangat mirip dengan truk tronton. Yaitu memiliki satu kepala dengan bak muatan besar di belakangnya. Namun ada tambahan satu bak muatan lagi di belakangnya. Adanya 2 bak muatan ini bertujuan untuk membawa banyak barang besar dalam sekali waktu atau sekali pengangkutan. Bisa lebih hemat waktu dan lebih hemat biaya.

2. Ukuran Pasti Jumbo

Truk gandeng ini pasti memiliki ukuran yang jumbo karena lebih besar daripada truk-truk lainnya. setidaknya, truk jenis ini memiliki total panjang 12 meter, yaitu masing-masing 6 meter pada bagian kepala atau engkel dan bagian ekor atau gandengannya. Lebar truk yaitu 2,45 meter dengan tinggi bak 1,8 meter.

Transportasi sebesar ini mampu memuat lebih dari 10 ton. Bak muatan yang menempel pada kepala mampu memuat beban hingga 14 ton. Berbeda dengan bak muatan kedua yang lebih kuat lagi, yaitu mampu membawa beban hingga 16 ton. Maka tidak mengherankan bila truk ini sering dimanfaatkan untuk membawa barang-barang berat seperti bahan baku bangunan, bahan baku industri, dan lainnya.

3. Memiliki 14 Roda

Normalnya, sebuah truk gandeng yang berukuran besar akan memiliki total 14 roda. Konfigurasi sumbu roda pada truk jenis ini adalah 1-2 – 2-2. Maksudnya, truk pertama memiliki 3 sumbu roda, yaitu 1 sumbu di bagian depan dan 2 sumbu di bagian belakang. Kemudian truk gandengannya memiliki 4 sumbu roda yang masing-masing terdiri dari 2 roda. 

Pada truk pertama terdapat 6 roda, sedangkan pada truk kedua ada 8 roda. Apabila dijumlahkan, maka total roda yang ada pada truk jenis ini adalah 14 roda. Sebuah truk gandengan 14 roda ini diizinkan untuk membawa muatan maksimal 30 ton loh! Cocok banget untuk mengangkut barang-barang yang besar dan timbangannya menyentuh angka puluhan ton.

Itulah 3 ciri-ciri dari truk gandeng yang harus kamu tahu. Jadi truk gandeng tidak hanya dikenal karena ia menggandeng bak muatan lain, melainkan juga khas karena ukurannya yang pasti besar dan memiliki 14 roda. Dengan ukuran sebesar ini, maka tak mengherankan bila sebuah truk gandeng mampu membawa beban atau muatan 25-30 ton dalam sekali jalan. Tentu saja ini sangat efektif dan efisien karena bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan. 

Bagi pemilik perusahaan ekspedisi truk yang masih belum memiliki software TMS, Flits.id menyediakan software TMS modern berbasis cloud yang bisa membantu kamu dalam mengelola order penjualan, tracking kendaraan, perawatan kendaraan, sampai pembukuan dan laba/rugi per kendaraan dengan mudah dan terorganisir. Biaya investasinya pun sangat terjangkau untuk usaha skala UMKM. Bila kamu tertarik, bisa langsung cari tahu informasinya di Flits.id.

 

Latest News

4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi TMS Untuk Perusahaan Ekspedisi

TMS atau Transportation Management System merupakan sebuah sistem yang mampu mengelola seluruh kegiatan di bidang ekspedisi seperti proses penjualan, tracking lokasi kendaraan, manajemen uang jalan sopir, perawatan kendaraan, sampai ke...

Apa itu Ekspedisi? Mari Simak Penjelasannya

Bagi kalian yang berkecimpung di dunia bisnis atau pengguna jasa pengiriman, pasti kalian tidak asing lagi dengan istilah ekspedisi. Bisnis yang berhubungan dengan penjualan produk dan layanan harus mencari cara...

5 Platform Jual Beli Truk Bekas Terbaik di Indonesia

Truk saat ini menjadi moda transportasi yang difavoritkan untuk kebutuhan ekspedisi. Dikarenakan ukurannya yang besar dan performa yang tangguh, sebuah truk mampu membawa beban 10-30 ton dalam sekali muatan. Maka...

Mengenal Sejarah Indah Logistik Cargo 

Indah Logistik Cargo adalah salah satu perusahaan jasa ekspedisi pengantaran barang yang cukup besar di Indonesia. Meskipun sudah beroperasi lebih dari 10 tahun di Indonesia, masih banyak yang belum cukup...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.