4 Tren Industri Jasa Trucking di Tahun 2021

Published 26 Feb 2021 in News, Tech by flits_wpadmin

Kini perkembangan industri makin melebar seiring berkembangnya teknologi. Aktivitas belanja online yang meningkat menjadi batu loncatan naiknya kebutuhan bahan baku industri, termasuk dalam halnya fasilitas ekspedisi.

Ekspedisi dengan menggunakan jasa trucking adalah salah satu efek domino dari meningkatnya tren industri saat ini. Bahkan bisnis angkutan barang menggunakan truk ini dinilai memiliki peluang besar pada tahun 2021 hingga beberapa tahun mendatang. 

Hal ini disebabkan karena munculnya tren tertentu yang mengakibatkan permintaan atas jasa trucking membludak. Berikut ini adalah 4 tren industri jasa trucking di tahun 2021 yang bisa Anda simak untuk diketahui seberapa besar peluangnya.

Pentingnya mengetahui trend logistik di tahun 2021 (Foto: Antaranews)
  1. Pertumbuhan e-commerce yang semakin meningkat

Tren belanja online masih diminati oleh masyarakat karena lebih efektif dan efisien dalam soal penghematan waktu, bahkan terkadang biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Hal ini mengakibatkan membludaknya pertumbuhan e-commerce hingga 3x lipat yang membuat bisnis ini memiliki peluang besar dan menjadi tren tersendiri.

Apalagi sekarang ini ongkos kirim dinilai jauh lebih murah karena pengiriman dilakukan secara kolektif untuk mengurangi beban anggaran pengiriman. Maka tidak mengherankan bila banyak truk ekspedisi yang bergerak untuk membantu mengirimkan barang dari penjual ke pelanggan.

  1. Pertumbuhan industri non-migas

Pertumbuhan sektor logistik umumnya didorong oleh industri non migas, seperti makanan, kosmetik, fashion dan sebagainya. Dengan informasi dan akses belanja online yang berada dalam genggaman, membuat segala sesuatu dapat diakses lebih mudah. Kebutuhan make up dan fashion bisa terpenuhi lebih terjangkau dan lebih cepat. 

Apalagi saat pandemi seperti ini yang membuat orang-orang jarang keluar, membuat sebagian besar masyarakat membeli kebutuhan bahan pokok untuk makanan secara online. Tidak jarang sekarang terlihat bakul sayur online yang mendatangkan produk sayurnya fresh dari lahan pertanian yang terpercaya. Pertumbuhan industri non-migas ini sangat berdampak besar terhadap kebutuhan jasa ekspedisi yang mampu memuat barang dengan volume besar.

  1. Pemerataan ekonomi hingga ke pelosok desa

Pertumbuhan logistik dan transportasi diprediksi akan meningkat hingga 15,4% yang dipicu dari faktor consumer goods. Pertumbuhan ini dinilai wajar karena beriringan dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat setiap tahun.

Selain itu, kebijakan pemerintah untuk desentralisasi atau pemerataan ekonomi di berbagai pelosok daerah berdampak pada peningkatan kebutuhan akan bahan baku industri untuk membangun infrastruktur. Daerah yang awalnya tak terjangkau, kini mudah diakses dengan adanya pembangunan ruas jalan yang masuk hingga ke pelosok desa. Hal ini mengakibatkan transportasi ekspedisi barang mudah mengantarkan pesanannya hingga sampai ke tangan penerima yang berada di wilayah terpencil. 

  1. Banyaknya aliran modal dan investasi asing

Hal ini merupakan kabar gembira bagi para pebisnis yang hendak meningkatkan perdagangannya. Sebab para pemilik modal sangat tertarik untuk menginvestasikan kekayaannya untuk mendukung kelancaran logistik melalui jalur ekspedisi. Apalagi kini peluang investasi asing terbuka lebar untuk membuka lahan ekspedisi seluas-luasnya guna memberi stimulus terjadinya percepatan ekspedisi.

Para investor siap memodali karena ia menilai bisnis industri ekspedisi semakin lama akan semakin dibutuhkan mengingat bahwa kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan pembangunan infrastruktur yang semakin gencar. Selain itu, investasi dapat dilakukan dengan penyederhanaan administrasi dan komunikasi transportasi logistik melalui penerapan ICT untuk perencanaan dan pengendalian transportasi ekspedisi. Salah satunya dengan menggunakan software trucking modern yang dapat mengatur ekspedisi secara real time.

Tren industri yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu, berdampak pada kebutuhan ekspedisi atau pengantaran barang dengan volume besar. Minat pasar yang semakin besar membuat tren jasa trucking akan dibutuhkan oleh para pebisnis untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat. 

Melihat tren market yang membutuhkan jasa trucking dalam mengirim barang. Perusahaan jasa ekspedisi trucking membutuhkan sebuah apps atau software yang bisa melakukan manajemen penerimaan order, data tracking pengiriman, hingga accounting bisa dilakukan dalam satu software saja. Memangnya ada? Jelas ada dong. Nama brand-nya adalah Flits.id. Kamu bisa membeli software-nya di Flits.id sekarang juga.

Latest News

Inilah 5 Software Logistik TMS Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Sistem Manajemen Transportasi (Transportation Management System/TMS) alias software logistik merupakan sebuah platform untuk mengatur operasional logistik perusahaan untuk proses penerimaan order, tracking kendaraan, perawatan kendaraan, hingga analisis laba/rugi perusahaan secara...

Cara Membuat Laporan Laba/Rugi Perusahaan Ekspedisi Truk

Ekspedisi truk banyak digunakan oleh berbagai industri untuk mengangkut bahan baku atau mengirimkan barang dalam jumlah besar. Maka tidak mengherankan bila bisnis ini menjamur dan memiliki banyak karyawan.  Dalam sebuah...

Apa Itu Flits Transportation Management System dan Manfaatnya Untuk Bisnismu

Bisnis start up kini semakin merajalela. Merambah berbagai lini dan celah yang bisa didigitalisasi demi menebar kebermanfaatan yang lebih luas. Termasuk dalam hal pengaturan ekspedisi yang dilakukan oleh truk-truk besar...

Menangkap Peluang TMS di Indonesia

TMS adalah singkatan dari Transportation Management System atau sistem manajemen transportasi, yakni platform logistik yang menggunakan teknologi untuk membantu bisnis dengan melaksanakan dan mengoptimalkan sumber yang dimiliki Joseph Nuroho, Managing...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.