Cara Mengemudi Truk yang Aman untuk Supir

Published 11 Feb 2021 in News, Security by flits_wpadmin

Menjadi supir truk memiliki tantangan tersendiri. Jika Anda sering merasa kesal setiap kali berada di jalan, supir truk hampir setiap hari merasakannya. Jalanan yang macet, penuh polusi, sampai bertemu sesama supir yang menyebalkan. Terlebih dengan muatan yang besar, membuat tantangan supir truk lebih besar dibandingkan dengan pengendara lainnya. Masalah keselamatan juga harus selalu diutamakan oleh supir truk. Menjaga keselamatan selama di jalan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk barang yang sedang dibawa oleh supir truk. Jangan sampai klien merasa kecewa karena barang yang telah dinantikannya tidak sampai sesuai waktu yang dijanjikan. Keselamatan ini dapat dicapai dengan memperhatikan faktor keamanan dalam mengemudi. 

Begini 5 Tips Aman Mengemudi Truk untuk Supir

Supir truk memperhatikan faktor safety demi keselamatan jalan (Foto: Tobi/Pexels)

  1. Waktu Tidur yang Cukup

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia, begitu juga dengan supir truk. Namun mendapatkan tidur yang sesuai adalah sesuatu yang cukup sulit bagi supir truk. Terlebih jika sering mengantarkan barang antar provinsi. Pastikan Anda tidur setidaknya 7-8 jam sebelum melakukan perjalanan. Ini dilakukan agar badan tetap bugar dan untuk mengurangi resiko kecelakaan yang sering terjadi akibat mengantuk. Anda juga bisa menggunakan supir pengganti agar bisa tidur bergantian selama perjalanan. 

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Buat supir truk pecinta kopi, pastikan tidak mengkonsumsi minuman berkafein ini dengan berlebihan. Meski kafein dapat mencegah rasa ngantuk, namun mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Kafein yang terkandung pada kopi akan memacu jantung yang akan membuat tetap bugar, namun efeknya bisa menyebabkan dehidrasi, merasa letih, dan berkurangnya konsentrasi. Kafein juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi kafein ini secukupnya agar tetap aman saat berkendara.

  1. Selalu Periksa Kondisi Truk

Memeriksa kondisi truk sebelum berkendara juga sangat penting. Pengecekan ini terutama perlu dilakukan pada kaki-kaki truk untuk mencegah rem blong dan juga ban pecah. Setiap pagi, lakukan pemeriksaan seperti kondisi ban dan roda, kebocoran tangki bahan bakar, fungsi mesin, rem kaki dan tangan, lampu, dan kelengkapan surat-surat. Jadi, pastikan Anda selalu mengikuti prosedur pengecekan truk sebelum menjalankan tugas untuk menjaga keselamatan selama berada di jalan.

  1. Jika Lelah atau Mengantuk, Segara Menepi!

Lelah atau mengantuk di jalan? Pastikan Anda segera menepi. Meneruskan perjalanan dalam keadaan mengantuk sangat berisiko. Meskipun Anda harus tepat waktu dalam mengantarkan barang, namun jangan abaikan rasa lelah atau ngantuk. Untuk mengurangi atau mencegah rasa kantuk ini, Anda bisa mengendarai truk dengan mendengarkan lagu atau mengobrol dengan asisten pengemudi.

  1. Selalu Ingat Keluarga yang Ada di Rumah

Ingat keluarga sering dijadikan gurauan saat sedang bersama teman, namun cara ini juga sangat efektif untuk menjaga keselamatan selama berada di jalan. Dengan ingat keluarga yang sedang menunggu di rumah, akan membuat Anda lebih hati-hati selama di jalan dan tidak langsung emosi saat terjadi hal menyebalkan di jalan.

  1. Aturlah Posisi Duduk

Posisi duduk juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat mengendarai truk. Posisi duduk ini akan menciptakan kenyamanan saat berkendara. Posisi terbaik dipilih agar Anda dapat melihat semua yang ada di depan dan samping truk (atau belakang dari spion truk). Selain itu, posisi duduk yang salah juga dapat menyebabkan Anda gampang ngantuk. Jadi, pastikan atur posisi duduk terbaik dan ternyaman untuk Anda selama berkendara.

Itulah beberapa cara aman mengemudi truk yang aman untuk supir. Dengan menjaga keselamatan diri sendiri selama di perjalanan, Anda juga turut menyelamatkan banyak hal lainnya, seperti pengendara lain di jalan, keluarga di rumah, asisten pengemudi, hingga pelanggan yang sedang menunggu barang sampai.

Latest News

Cara Memangkas Biaya Bisnis Jasa Angkutan Truk

Ketika menjalankan sebuah bisnis, mendapatkan keuntungan maksimal menjadi tujuan utama dari pemilik bisnis. Semakin besar keuntungan yang didapatkan, semakin sukses bisnis tersebut. Keuntungan atau laba ini dapatkan dengan cara mengurangi...

5 Alasan Meninggalkan Spreadsheet dan Beralih ke Software Trucking Modern

Berbisnis tentu saja membutuhkan pembukuan dan pencatatan administrasi yang rapi. Biasanya dilakukan di aplikasi spreadsheet seperti Excel, Google Sheet, atau Open Office. Aplikasi pengolah data tersebut memang nyaman dilakukan, tapi...

4 Tren Industri Jasa Trucking di Tahun 2021

Kini perkembangan industri makin melebar seiring berkembangnya teknologi. Aktivitas belanja online yang meningkat menjadi batu loncatan naiknya kebutuhan bahan baku industri, termasuk dalam halnya fasilitas ekspedisi. Ekspedisi dengan menggunakan jasa...

Mengenal Flits TMS Untuk Membantu Pengelolaan Bisnis Ekspedisi Truk Anda

Di masa pandemi sekarang ini, usaha jasa pengiriman barang semakin melonjak naik hingga 85%. Tingginya minat jasa ekspedisi, membuka peluang baru untuk penyediaan jasa pengiriman barang secara lebih luas. Apalagi...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.