Digitalisasi Bisnis Ekspedisi Truk di Era Industri 4.0

Published 22 Feb 2021 in News, Tech by flits_wpadmin

Di tengah perkembangan teknologi digital di era industri 4.0, semua sektor bisnis harus mampu menggunakan teknologi dalam kegiatan operasionalnya, termasuk bisnis ekspedisi truk. Bisnis ekspedisi truk yang bergerak dibidang pengiriman barang ini harus mampu bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya yang kini sudah menggunakan penerapan teknologi. Hal ini dilakukan agar bisnis ekspedisi truk tidak tertinggal. Lalu bagaimana digitalisasi bisnis ekspedisi truk di era industri 4.0 ini? Sebelum membahas tentang digitalisasi, kita harus melihat bagaimana peluang bisnis ekspedisi truk di era industri 4.0.

Peluang Bisnis Ekspedisi Truk di Era Industri 4.0

Bisnis Logistik di Indonesia masih sering dilakukan secara manual. Apa langkah yang harus di (Foto: Deliveree)

Buat Anda yang sering belanja secara online pasti sudah tidak asing dengan ekspedisi pengiriman barang. Anda yang berada di Pulau Sumatra bisa membeli barang dari Pulau Jawa tanpa harus mengunjungi tempat tersebut. Anda juga tidak perlu repot mengurus pengiriman barang karena barang akan dikirimkan oleh jasa ekspedisi dengan cepat dan dengan harga yang murah.

Belanja secara online saat ini makin digemari oleh masyarakat Indonesia karena adanya marketplace atau e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Dengan semakin tingginya tingkat belanja online di masyarakat membuat jasa ekspedisi truk semakin dibutuhkan. Pengiriman barang yang dipesan konsumen melalui marketplace ini tergantung oleh jasa ekspedisi truk. Oleh karena itu, agar ekspedisi truk dapat bersaing dengan teknologi marketplace yang bisa mendapatkan pesanan barang sewaktu-waktu, bisnis truk juga harus mengimplementasikan teknologi ke dalam bisnisnya.

Digitalisasi Bisnis Ekspedisi Truk di Era Industri 4.0

Di Indonesia upaya digitalisasi bisnis ekspedisi truk sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Seperti yang telah dijelaskan diatas, digitalisasi ini dilakukan agar bisnis ekspedisi truk mampu bersaing dengan bisnis berbasis teknologi lainnya. Lalu apa saja digitalisasi bisnis ekspedisi truk yang telah dilakukan? Berikut penjelasannya:

  1. Penugasan Supir Truk

Digitalisasi pertama yang dilakukan oleh bisnis ekspedisi truk adalah dengan plotting truck driver atau kata lainnya penugasan supir truk secara digital via apps. Misalnya saja, bila perusahaan kamu sudah menggunakan software dari Flits.id, maka, para supir truk bisa menggunakan aplikasi Flits Driver.

Aplikasi Flits Driver bisa digunakan untuk menerima order pengiriman dari admin, saat pengiriman barang, driver bisa meng-upload tanda terima surat jalan, hingga melihat riwayat data pengiriman yang sudah dilakukan bisa diakses lewat 1 aplikasi. Kalau ada apps secanggih gini, perusahaan kamu harus banget memanfaatkan teknologi ini pastinya supaya operasi kerja jadi lebih efisien dan praktis.

  1. Digitalisasi dengan Platform

Digitalisasi bisnis ekspedisi truk yang kedua adalah dengan menggunakan platform. Platform ekspedisi truk ini dapat membantu supir truk mendapatkan muatan barang dan juga pemantauan pengiriman barang. Salah satu platform ekspedisi truk yang ada di Indonesia adalah platform Kargo merupakan platform berbasis B2B atau Business to Business yang menyediakan layanan penyewaan armada truk untuk memudahkan bisnis logistik di Indonesia

Platform ekspedisi truk ini biasanya memiliki dua jenis konsep, yaitu konsep bisnis agregator dan konsep bisnis layanan berlangganan. Konsep bisnis aggregator memiliki sistem mirim Gojek atau Grab, dan menerapkan biaya layanan dengan persentase yaitu sekitar 10%-12% untuk setiap transaksi. Sedangkan konsep bisnis layanan berlangganan memberikan tagihan otomatis setiap bulan. Biaya ditetapkan dengan menggunakan sistem per truk atau per bulan.

Kesimpulan

Digitalisasi bisnis ekspedisi truk dilakukan agar bisnis ini mampu bertahan di tengah persaingan teknologi yang semakin pesat. Meski digitalisasi ini tidak mudah bagi driver namun driver harus terus belajar agar tetap bertahan dan bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya. 

Untuk langkah awal, para driver bisa memanfaatkan aplikasi Flits Driver agar pekerjaan mereka lebih efisien. Selain berbasis cloud dan dapat diakses dari manapun, Flits juga bertampilan user friendly dan tidak sulit untuk digunakan.

Latest News

Mengenal Jenis-jenis Karoseri Truk

Karoseri, diambil dari bahasa Belanda carrosserie, adalah penutup kerangka atau bagian utama kendaraan bermotor. Industri karoseri merancang dan membangun muatan di atas sasis atau kerangka internal yang sudah ada layaknya...

5 Tips Memilih Sistem TMS Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Memilih sistem TMS (Transportation Management System) yang andal memang tidak mudah. Sistem TMS pada umumnya digunakan oleh perusahaan ekspedisi truk 5 sampai 10 tahun kedepan dan rata-rata membutuhkan biaya investasi...

4 Tips Merawat Ban Truk Agar Tetap Awet

Ban adalah salah satu biaya operasional terbesar bagi perusahaan ekspedisi truk setelah bahan bakar. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik usaha angkutan truk untuk memastikan agar ban truk memiliki...

Pakai Ban Vulkanisir, Bahaya atau Tidak?

Ada dua jenis ban yang biasanya digunakan kendaraan besar seperti bus atau truk. Ban tersebut ialah ban keluaran pabrik dan ban vulkanisir. Ban pabrikan pasti sudah tak asing lagi di...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.