Inilah 5 Jenis Truk di Indonesia

Published 11 Feb 2021 in Management, News, Tech by flits_wpadmin

Truk merupakan salah satu kendaraan yang menjadi primadona pada pengusaha atau pebisnis. Biasanya digunakan sebagai sarana transportasi untuk membawa material-material berat seperti semen, besi, air, kayu, beras, minyak, galon, tabung gas, dan lainnya. Moda transportasi ini digemari karena dapat mengangkut barang berat hingga ukuran ton serta dapat mengantarkannya dengan rute jarak jauh.

Namun saat menggunakan truk untuk berbagai keperluan, tidak bisa asal pilih atau asal membeli truk untuk kebutuhan bisnis. Memilih truk harus didasarkan pada kepentingan dan tujuan terlebih dahulu, baru memilih jenis truk yang cocok untuk digunakan sebagai kendaraan logistic.

Jenis Truk dan Kapasitasnya

Ada puluhan jenis truk yang ada di dunia. Namun jenis truk disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya serta suku cadang yang ada. Di Indonesia, terdapat 5 truk yang umum digunakan antara lain truk canter, truk fuso, truk tronton, truk trailer dan truk wing box.

  1. Truk Canter atau Truk Engkel

Truk Engkel Hino (Foto: / Pexels)

Truk Canter atau yang lebih dikenal dengan sebutan Truk Engkel ini merupakan truk yang mempunyai 2 buah sumbu dengan 4 roda seperti mobil pick up. Kendaraan ini mampu mengangkut barang dengan berat hingga 2 ton. Kelebihannya adalah truk ini memiliki engkel sehingga bisa menurunkan barang (seperti pasir) secara otomatis. 

Biasanya truk ini dipakai untuk mengangkut barang berat seperti bahan bangunan, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Bahkan Dinas Kebersihan menggunakan truk jenis ini sebagai transportasi untuk muat sampah.

  1. Truk Fuso

Truk Mitsubishi Fuso (Foto: Ktbfuso)

Bila menginginkan truk yang berukuran sangat besar daripada truk lainnya, bisa menggunakan truk fuso sebagai alat transportasi logistik atau bahan baku. Truk ini bisa mengangkut barang hingga 7 ton dengan maksimal kapasitas 25 CBM. 

Truk buatan Mitsubishi ini merupakan salah satu truk tangguh yang sering diandalkan pengusaha dan pebisnis besar untuk membawa muatannya seperti kayu, semen, tabung gas dan sebagainya.

  1. Truk Tronton

Truk Tronton Volvo FMX-400 (Foto: Volvo)

Apabila menginginkan truk yang mampu memuat beban lebih berat lagi, sepertinya truk tronton bisa menjadi pilihan utama sebagai transportasi andalan perusahaan. Truk tronton memiliki 3 buah sumbu dengan jumlah roda yang cukup banyak, yaitu 10 roda. Peletakan roda ini biasanya 2-4-4. 

Truk ini mampu membawa beban berat hingga 10 ton. Biasanya truk ini digunakan oleh para pebisnis sebagai sarana ekspedisi dan transportasi logistik karena mampu memuat banyak barang dan harganya cukup terjangkau.

  1. Truk Trailer atau Truk Kontainer

Truk Trailer dengan gandengan panjang (Foto: Facebook)

Truk Trailer merupakan salah satu truk yang paling dikagumi di Indonesia karena ia mampu mengangkut beban hingga 20-60 ton dalam sekali pengiriman barang. Mampu memuat barang banyak, menjadikan truk ini memiliki risiko berupa jalan yang lamban. Hal ini untuk menjaga keselamatan pengemudi dan barang bawaan yang nilainya sangat berharga. 

Truk ini memiliki lebih banyak roda daripada truk lainnya, yaitu 14-24 buah roda. Pengemudi truk jenis ini diharuskan memiliki sim B2 karena membutuhkan keahlian khusus dalam mengemudikannya.

  1. Truk Wing Box

Truk Wingbox (Foto: Kargo)

Apabila hendak membutuhkan truk dengan ukuran besar dan bobot berat, serta body yang bisa membuka seperti sayap, maka Truk Wing Box adalah jawabannya. Truk ini memiliki dimensi box cukup besar, yaitu 8,85 x 2,4 x 2,1 meter. Kapasitas truk mencapai 34 kubik dan sanggup membawa beban sekitar 32- hingga 36 ton. 

Truk wing box ini memiliki body yang bisa dibuka seperti sayap sehingga memudahkan untuk pemindahan barang dari seluruh sisi. Membuat pendistribusian berlangsung cepat. Ini adalah satu jenis truk di Indonesia yang amat digemari oleh para pebisnis dengan tender besar.

Itulah 5 jenis truk yang sering berlalu lalang di jalan raya untuk memuat bahan baku kebutuhan kita. Dengan memilih aplikasi TMS (Trucking Management System) yang baik maka akan memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis ekspedisi truk Anda. Flits.id menyediakan software trucking modern yang bisa membantu Anda dalam membuat administrasi pembukuan untuk bisnis Anda dengan mudah dan terorganisir

Latest News

Mengenal Jenis-jenis Karoseri Truk

Karoseri, diambil dari bahasa Belanda carrosserie, adalah penutup kerangka atau bagian utama kendaraan bermotor. Industri karoseri merancang dan membangun muatan di atas sasis atau kerangka internal yang sudah ada layaknya...

5 Tips Memilih Sistem TMS Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Memilih sistem TMS (Transportation Management System) yang andal memang tidak mudah. Sistem TMS pada umumnya digunakan oleh perusahaan ekspedisi truk 5 sampai 10 tahun kedepan dan rata-rata membutuhkan biaya investasi...

4 Tips Merawat Ban Truk Agar Tetap Awet

Ban adalah salah satu biaya operasional terbesar bagi perusahaan ekspedisi truk setelah bahan bakar. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik usaha angkutan truk untuk memastikan agar ban truk memiliki...

Pakai Ban Vulkanisir, Bahaya atau Tidak?

Ada dua jenis ban yang biasanya digunakan kendaraan besar seperti bus atau truk. Ban tersebut ialah ban keluaran pabrik dan ban vulkanisir. Ban pabrikan pasti sudah tak asing lagi di...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.