Mengenal Jenis-jenis Karoseri Truk

Published 25 Jul 2021 in Uncategorized by flits_wpadmin

Karoseri, diambil dari bahasa Belanda carrosserie, adalah penutup kerangka atau bagian utama kendaraan bermotor. Industri karoseri merancang dan membangun muatan di atas sasis atau kerangka internal yang sudah ada layaknya ‘rumah’ bagi kendaraan tersebut. Karoseri umum diaplikasikan pada kendaraan besar, seperti bus dan truk, untuk mengangkut penumpang maupun kargo. Dalam ranah perdagangan, truk dibuktikan efektif untuk mengangkut barang dalam dimensi atau volume yang besar. Nah, karoseri truk itu sendiri merujuk kepada pengangkut muatan yang terletak di bagian belakang truk. 

Lalu, apa saja jenis karoseri truk?

Karoseri truk memiliki beraneka ragam jenisnya untuk mengakomodasi sesuai dengan yang muatan diangkut. Jika ingin mengangkut barang bervolume besar dan muatannya banyak, tentunya akan dibutuhkan karoseri yang memadai besarnya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang beberapa jenis karoseri truk beserta kegunaannya.

1. Dump

Ilustrasi dump truk (Foto: Berita Satu)

Jenis karoseri ini ini digunakan untuk mengangkut berbagai macam material mulai tanah, batu bara, kerikil, hingga pasir yang dibutuhkan untuk keperluan konstruksi. Biasanya truk yang menggunakan karoseri tipe ini adalah Dump truk. Sebuah Dump truk pada umumnya dilengkapi dengan bak terbuka dan bisa dioperasikan menggunakan bantuan hidrolik sehingga material yang diangkut dapat diturunkan dengan mudah. Mekanisme Hydraulic Dumping ini yang menjadi ciri khas dari dump truk sehingga bak bisa terjungkir. Yang pasti dump truk memiliki kapasitas muatan jauh lebih besar dibanding jenis truk lainnya dengan kapasitas angkut antara 7 sampai 20 ton. 

2. Tangki

Truk Tangki Pertamina (Foto: Detik Finance)

Karoseri tangki umumnya dipakai untuk memuat barang berbentuk cair atau gas seperti minyak tanah, gas, bensin, solar, dan aspal. Tipe ini memiliki kapasitas muatan antara beberapa ribu sampai 32 ribu liter. Untuk meningkatkan kestabilan saat memobilisasi muatan cairan atau gas, tangki dibagi menjadi beberapa kompartemen yang terpisah menggunakan sekat-sekat. Dengan adanya sekat-sekat tersebut, muatan dalam tangki akan lebih seimbang dan aman selama perjalanan.

3. Bak Besi

Bak Besi Hino FL 260 (Foto: Hino)

Karoseri besi merupakan tipe bak terbuka dan memiliki pintu tiga arah dari sisi kiri, kanan, dan belakang sehingga memudahkan proses bongkar muat barang. Jenis ini lebih kuat dalam mengangkut beban dibanding karoseri kayu. Pada umumnya karoseri besi digunakan untuk muatan mesin, besi, semen, ataupun barang dengan berat di atas 500 kilogram.

4. Box 

Truk Wing Box Flits

Truk wing box menggunakan salah satu jenis karoseri box. (Foto: Deliveree)

Karoseri box merupakan tipe bak tertutup pada ke-enam sisinya (depan-belakang, kanan-kiri, atas-bawah), sehingga dapat melindungi muatan dari kondisi lingkungan seperti hujan dan terik matahari. Jenis ini pada umumnya digunakan untuk memuat barang yang bersifat sensitif terhadap perubahan kondisi lingkungan seperti daging, makanan beku, minuman, obat-obatan, hingga sayur dan buah-buahan. Truk jenis ini mampu mengangkat beban mulai dari 5 hingga 10 ton. Umumnya terdapat dua tipe truk box, yaitu tipe full-box dan wing-box.

  • Truk Full-box: memiliki box yang tertutup penuh pada semua sisinya dan hanya memiliki pintu pada satu sisi, yaitu sisi belakang yang mirip ambulance, atau samping dengan model geser.
  • Truk Wing-box: seperti full-box, jenis wing-box juga tertutup pada semua sisinya. Namun, tipe ini dilengkapi dengan sayap di kedua sisi kanan untuk mempermudah proses bongkar muat barang dari berbagai arah.

5. Bak Kayu

Ilustrasi Truk Fuso dengan bak kayu (Foto: Fuso)

Tipe karoseri ini masih menjadi favorit pengusaha angkutan truk di Indonesia untuk memobilisasi berbagai macam material. Umumnya digunakan untuk memuat segala jenis persediaan barang pangan, hasil bumi, ternak, pasir, hingga mebel. Seperti halnya bak besi, karoseri ini merupakan tipe bak terbuka namun berbahan kayu. Tipe ini hanya memiliki satu pintu untuk akses bongkar muat dari arah belakang. Selain itu, bak kayu memiliki kapasitas muatan sebesar 7 hingga 15 ton. 

Nah, bagaimana? Apakah dengan artikel ini Anda jadi lebih mengetahui apa itu karoseri truk, beserta berbagai macam jenis dan fungsinya? Memang sudah tidak diragukan lagi bahwa karoseri truk sangat esensial bagi industri niaga. Jika Anda sedang bergerak di perniagaan dan melakukan antar-mengantar dengan truk karoseri, maka Flits dapat membantu menjalankan bisnis ekspedisi trucking Anda dengan mudah. Hanya dengan satu perangkat lunak Anda sudah bisa mengatur penjualan, pelacakan armada, pemeliharaan, portal pelanggan, hingga akuntansi. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi situs kami di Flits.id.

Latest News

4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi TMS Untuk Perusahaan Ekspedisi

TMS atau Transportation Management System merupakan sebuah sistem yang mampu mengelola seluruh kegiatan di bidang ekspedisi seperti proses penjualan, tracking lokasi kendaraan, manajemen uang jalan sopir, perawatan kendaraan, sampai ke...

Apa itu Ekspedisi? Mari Simak Penjelasannya

Bagi kalian yang berkecimpung di dunia bisnis atau pengguna jasa pengiriman, pasti kalian tidak asing lagi dengan istilah ekspedisi. Bisnis yang berhubungan dengan penjualan produk dan layanan harus mencari cara...

Mengenal Truk Gandeng dari 3 Ciri-Cirinya

Truk gandeng adalah salah satu transportasi yang difavoritkan para pengusaha untuk mengirim logistik atau barang-barang yang cukup besar. Misalkan bahan baku bangunan, bahan baku industri, bahan baku makanan, dan lainnya....

5 Platform Jual Beli Truk Bekas Terbaik di Indonesia

Truk saat ini menjadi moda transportasi yang difavoritkan untuk kebutuhan ekspedisi. Dikarenakan ukurannya yang besar dan performa yang tangguh, sebuah truk mampu membawa beban 10-30 ton dalam sekali muatan. Maka...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.