Tips Aman Berkendara Bagi Sopir Truk Di Tengah Pandemik

Published 08 Feb 2021 in Management, News by flits_wpadmin

Ditengah wabah virus Covid-19 seperti sekarang ini, pemerintah memang bergerak cepat dan tegas dengan berusaha membatasi pergerakan masyarakat agar tidak terlalu banyak melakukan mobilisasi. Bahkan hampir semua hal dianjurkan untuk dilakukan dari rumah pada saat ini, mulai dari sekolah, bekerja, meeting bahkan hingga konser musik pun dilaksanakan secara virtual dari rumah masing-masing.

Hal ini dimaksudkan agar penyebaran virus dapat dicegah atau setidaknya diperlambat. Karena kurangnya kontak langsung antar manusia membuat virus menjadi lebih sulit untuk menyebar karena kesulitan mendapatkan vektor penyebaran.

Namun walaupun banyak pekerjaan dan kegiatan yang dianjurkan dilakukan dari rumah. Nyatanya memang tidak semua jenis pekerjaan dapat dilakukan secara WFH. Ada beberapa pekerjaan yang harus tetap dilakukan seperti  biasa dan mendapat pengecualian dari pemerintah. 

Salah satu pekerjaan tersebut adalah jasa pengiriman logistik. Para sopir truk yang mengantar barang logistik tetap harus keluar rumah untuk bekerja dan melawan resiko terjangkit serta membawa virus Covid-19.

Namun tentu saja, orang-orang yang tetap harus sering berpergian ditengah pandemik karena urusan pekerjaan, haruslah selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan tertib. Jangan sampai karena kelalaian atau kurangnya kewaspadaan, ikut terjangkit virus atau yang lebih mengerikan lagi justru membawa dan menyebarkan virus tersebut pada keluarga dirumah.

Berikut ini adalah beberapa tips aman berkendara bagi para sopir truk yang harus sering melakukan perjalanan di tengah pandemik.

  1. Selalu membawa kelengkapan pencegahan dan sterilisasi

Tips aman berkendara di tengah pandemik yang pertama adalah pastikan untuk selalu membawa barang-barang pencegahan dan sterilisasi. Seperti selalu memakai masker, membawa hand sanitizer, tisu basah, desinfektan dan lain sebagainya.

  1. Jangan terlalu banyak singgah di berbagai tempat dan hindari kerumunan

Sebisa mungkin selalu hindari kerumunan dimanapun. Walaupun anda harus berhenti di suatu tempat untuk beristirahat atau makan, pastikan untuk tetap menjaga jarak. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama di tempat umum seperti rumah makan atau rest area, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum makan.

  1. Selalu minum vitamin dengan rutin

Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting bagi para sopir truk yang melakukan perjalanan. Tubuh dengan imun yang lemah tentu saja akan membuat virus lebih mudah menyerang.

Apalagi perjalanan jauh yang dilakukan sangat menguras energi. Jam tidur yang sedikit dan waktu makan yang tidak teratur membuat tubuh lebih rentan sakit. Jika daya tahan tubuh tidak maksimal, maka dapat menjadi resiko yang berbahaya.

  1. Lakukan tes swab dengan rutin terutama setelah selesai melakukan pengiriman

Setelah selesai melakukan perjalanan pastikan untuk melakukan tes swab atau rapid sebelum pulang kerumah. Ini dilakukan sebagai pencegahan resiko penularan pada keluarga. Memastikan bahwa anda benar-benar sudah bersih saat pulang kerumah akan membuat hati lebih tenang.

  1. Lakukan sterilisasi pada truk

Sering-seringlah melakukan sterilisasi pada mobil truk dengan cara mencuci atau menyemprotkan disinfektan ke seluruh bagian mobil. Baik bagian luar maupun bagian dalam dengan teliti.

  1. Tetap melaksanakan protokol kesehatan dimanapun.

Melakukan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, menggunakan pelindung diri dan alat pencegahan yang lainya, itu tidak hanya saat berhenti beristirahat. Salah satu tempat yang rawan penularan, adalah area muat dan area bongkar, di awal dan destinasi pengiriman. Hindari kerumunan di area istirahat pada saat menunggu, dan waspada akan situasi jika lokasi tersebut kurang kondusif atau aman

Menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan selalu makan makanan yang bergizi dan sering berolahraga. Jangan lupa dan malas untuk selalu memakai masker saat berada diluar rumah. Pencegahan adalah segalanya, jangan sampai anda menyesal di kemudian hari karena terlalu malas melakukan hal-hal sederhana yang ternyata dapat menyelamatkan hidup anda dan keluarga.

Kami dari Flits.id, ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pejuang-pejuang logistik Indonesia, yang tetap menjalankan tugasnya untuk membantu perputaran perekonomian negara, dan juga kenyamanan konsumer-konsumer yang ada. Terima kasih dan tetap mematuhi protokol saat menjalankan tugasnya.

Latest News

Mengenal Jenis-jenis Karoseri Truk

Karoseri, diambil dari bahasa Belanda carrosserie, adalah penutup kerangka atau bagian utama kendaraan bermotor. Industri karoseri merancang dan membangun muatan di atas sasis atau kerangka internal yang sudah ada layaknya...

5 Tips Memilih Sistem TMS Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Memilih sistem TMS (Transportation Management System) yang andal memang tidak mudah. Sistem TMS pada umumnya digunakan oleh perusahaan ekspedisi truk 5 sampai 10 tahun kedepan dan rata-rata membutuhkan biaya investasi...

4 Tips Merawat Ban Truk Agar Tetap Awet

Ban adalah salah satu biaya operasional terbesar bagi perusahaan ekspedisi truk setelah bahan bakar. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik usaha angkutan truk untuk memastikan agar ban truk memiliki...

Pakai Ban Vulkanisir, Bahaya atau Tidak?

Ada dua jenis ban yang biasanya digunakan kendaraan besar seperti bus atau truk. Ban tersebut ialah ban keluaran pabrik dan ban vulkanisir. Ban pabrikan pasti sudah tak asing lagi di...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.