4 Tips Merawat Ban Truk Agar Tetap Awet

Published 18 Jul 2021 in Uncategorized by flits_wpadmin

Ban adalah salah satu biaya operasional terbesar bagi perusahaan ekspedisi truk setelah bahan bakar. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik usaha angkutan truk untuk memastikan agar ban truk memiliki kinerja yang bagus setiap saat untuk efisiensi biaya operasional. Untuk itu, mari kita simak yuk beberapa tips merawat ban truk agar tetap awet:

ban truk

Perawatan ban truk yang baik merupakan kunci untuk menekan biaya operasional perusahaan ekspedisi (Foto: Pexels)

1. Lakukan Pengecekan Rotasi Ban Secara Teratur

Ada satu hal yang tidak dapat dihindari ketika kita memiliki truk, yaitu ban truk kita akan aus. Hal ini terjadi karena adanya gesekan di jalan antara ban dan aspal. Setiap pabrikan mobil memiliki interval yang ditetapkan untuk perawatan rotasi ban sesuai dengan jadwal perawatan. Biasanya mekanik merekomendasikan jadwal rotasi ban setiap 10.000 km. Ikuti jadwal rotasi ban kamu untuk memastikan masa pakai ban kamu lebih bertahan lama ya.

2. Lakukan Pemeriksaan Penyelarasan Roda Tahunan

Apa pun jenis permukaan jalan yang kamu lalui, sebenarnya tidak ada jalan yang benar-benar mulus. Ada gundukan, lubang, kerusakan jalan, dan trotoar yang harus kamu hadapi. Hanya karena satu benturan dengan trotoar atau lubang besar, maka keselarasan roda kamu bisa tidak sesuai spesifikasi loh.

Seringkali kita tidak mengetahui bahwa keselarasan roda kita tidak sesuai spesifikasi karena setir kita masih bisa lurus. Lakukan pemeriksaan penyelarasan roda tahunan untuk mengurangi efek tersebut. Dengan merawat ban kamu dengan benar, maka akan hal tersebut akan memperpanjang masa pakai ban.

3. Pastikan dan Pertahankan Tekanan Angin Ban yang Tepat 

Tekanan inflasi ban adalah aspek yang penting dan sering diabaikan dalam perawatan ban. Tekanan inflasi ban yang tidak tepat dapat menyebabkan downtime dan kerusakan selubung ban. Tekanan inflasi ban yang tepat dapat membantu memastikan distribusi bobot yang merata di seluruh bidang kontak ban, yang dapat memaksimalkan masa pakai dan efisiensi bahan bakar. Penting juga bagi kita untuk memeriksakan tekanan inflasi ban saat ban dingin.

Ban yang terlalu banyak atau kurang angin dapat mengurangi kinerja truk dan mengubah cara mengemudi dalam keadaan darurat. Pengemudi harus secara manual memeriksa tekanan udara mereka sebelum setiap perjalanan untuk memastikan memenuhi standar yang ditentukan pabrik.

4. Periksalah Kondisi Ban Secara Teratur

Pengecekan kondisi ban secara langsung sangat membantu untuk mengidentifikasi masalah keausan yang tidak teratur, kedalaman tapak yang rendah dan kerusakan terkait jalan. Sebelum, pada saat di jalan dan sesudah perjalanan, kita harus memastikan bahwa kita bisa mengidentifikasi masalah-masalah yang ada pada ban. Misalnya ban aus, tertusuk benda tajam ataupun kempes, dan lain-lain.

Nah, mudah banget kan cara-cara untuk merawat ban truk agar terus awet? Semoga artikel 5 Tips Merawat Ban Truk Agar Awet dapat membantu kamu dalam merawat ban truk kamu ya!

Bagi pemilik perusahaan ekspedisi yang masih belum memiliki software TMS, Flits.id menyediakan software TMS modern berbasis cloud yang bisa membantu Anda dalam mengelola order penjualan, tracking kendaraan, perawatan kendaraan, sampai pembukuan dan laba/rugi per kendaraan dengan mudah dan terorganisir. Biaya investasinya pun sangat terjangkau untuk usaha skala UMKM. Bila Anda tertarik, bisa langsung cari tahu informasinya di flits.id

Latest News

Mengenal Jenis-jenis Karoseri Truk

Karoseri, diambil dari bahasa Belanda carrosserie, adalah penutup kerangka atau bagian utama kendaraan bermotor. Industri karoseri merancang dan membangun muatan di atas sasis atau kerangka internal yang sudah ada layaknya...

5 Tips Memilih Sistem TMS Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Memilih sistem TMS (Transportation Management System) yang andal memang tidak mudah. Sistem TMS pada umumnya digunakan oleh perusahaan ekspedisi truk 5 sampai 10 tahun kedepan dan rata-rata membutuhkan biaya investasi...

Pakai Ban Vulkanisir, Bahaya atau Tidak?

Ada dua jenis ban yang biasanya digunakan kendaraan besar seperti bus atau truk. Ban tersebut ialah ban keluaran pabrik dan ban vulkanisir. Ban pabrikan pasti sudah tak asing lagi di...

Pungli & Premanisme Terhadap Sopir Truk Container

Istilah pungli (pungutan liar) pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Praktik pemerasan ini bukan lagi merupakan suatu rahasia, terlebih dalam hal pelayanan publik. Jika ingin urusan dipermudah dan...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.