5 Tips Memilih Sistem TMS Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Published 19 Jul 2021 in Uncategorized by flits_wpadmin

Memilih sistem TMS (Transportation Management System) yang andal memang tidak mudah. Sistem TMS pada umumnya digunakan oleh perusahaan ekspedisi truk 5 sampai 10 tahun kedepan dan rata-rata membutuhkan biaya investasi yang cukup besar. Karena TMS adalah investasi jangka panjang, perusahaan ekspedisi tidak bisa sembarang mengambil keputusan tanpa informasi yang lengkap.

Jadi, apa saja yang harus dilakukan sebelum memutuskan sistem mana yang cocok bagi bisnis Anda? Berikut 5 tips memilih sistem TMS yang tepat untuk usaha Anda. 

Pentingnya beralih ke software trucking modern untuk meningkatkan efisiensi kerja

Pentingnya beralih ke software TMS modern untuk meningkatkan efisiensi kerja (Foto: Pexels.com)

  1. Lakukan Analisa Kebutuhan Bisnis Anda Sebelum Memilih Software TMS Yang Tepat

Baik Anda pelaku usaha ekspedisi skala UMKM, maupun pebisnis skala besar, harus memahami betul yang menjadi pain points operasional bisnis Anda. Apakah sistem yang saat ini digunakan kurang efisien? tidak mencakup semua kebutuhan bisnis? atau tidak mampu mengikuti perkembangan usaha Anda?  Dengan pemahaman yang jelas mengenai kebutuhan bisnis perusahaan, akan lebih mudah untuk menentukan sistem TMS yang menjawab kebutuhan.

Setelah menentukan masalah utama perusahaan, kumpulkan requirement dari berbagai divisi perusahaan. Seperti apa kebutuhan akutansi, pembelian, atau operasional truk? Bagaimana dengan perawatan kendaraan? Dari beberapa kandidat TMS Anda, pilihlah sistem yang dapat menyelesaikan pain points utama perusahaan dan memenuhi sebagian besar requirement perusahaan.

  1. Rumuskan Benefit Yang Akan Diraih Dari Sistem TMS

Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan, langkah selanjutnya adalah perumusan return on investment (ROI). Lakukan penggalian terhadap benefit yang bisa diraih dengan menerapkan software TMS dan berikan estimasi target pencapaian.

Pada umumnya, keuntungan yang dapat diraih dari penggunaan sistem TMS ini mencakup:

  • Penghematan Waktu
  • Penghematan Biaya Operasional
  • Peningkatan Visibilitas Informasi Usaha
  • Otomatisasi Transaksi
  • Pengintegrasian Antar Sistem
  • Pencapaian Pertumbuhan Usaha

Pastikan Anda memilih software TMS dengan ROI yang paling tinggi untuk bisnismu!

  1. Ketahui Besaran Alokasi Anggaran Yang Tersedia, Agar Lebih Mudah Dalam Memilih Sistem TMS

Mengetahui besaran alokasi anggaran adalah langkah awal yang wajib untuk Anda lakukan. Sebab, tanpa mengetahui budget yang tersedia, Anda tidak dapat berbuat banyak saat dihadapkan dengan sistem TMS yang sifatnya berbayar. Pada umumnya, applikasi TMS memiliki tiga jenis pilihan biaya: one-time implementation fee, monthly subscription, atau kombinasi dari keduanya. Pastikan Anda memperhitungkan ROI terhadap skema biaya sebelum memilih aplikasi TMS yang tepat untuk bisnis Anda.

  1. Tentukan Jenis Platform Sistem TMS Yang Akan Anda Gunakan

Untuk software TMS yang tersedia di pasaran, biasanya terdapat dua jenis pilihan platform. Platform tersebut adalah cloud dan on-premise. Masing-masing platform tadi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ingin dapat melakukan perubahan custom namun tetap mengikuti standar minimum mayoritas usaha transportasi? Anda dapat memilih opsi platform on-premise. Di opsi ini, software TMS dapat dibangun di area server internal perusahaan Anda. Namun, TMS jenis ini rata-rata biayanya bisa mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah karena implementasi yang kompleks dan cukup lama. Oleh karena itu, opsi platform on-premise lebih cocok digunakan untuk perusahaan skala menengah sampai ke skala besar.

Pada jenis platform cloud, Anda perlu melakukan pendaftaran untuk berlangganan terlebih dahulu. Setelah aktif berlangganan, sistem TMS dapat langsung digunakan dengan relative cepat. Meskipun Anda tidak dapat melakukan perubahan custom pada platform ini, aplikasi TMS yang tersedia sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dari mayoritas usaha transportasi. Opsi platform cloud juga sangat cocok untuk usaha skala UMKM karena dapat disewa secara bulanan dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi Anda tidak perlu lagi investasi biaya mahal di depan, sehingga mempercepat return-on-investment (ROI) perusahaan!

  1. Musyawarahkan Sistem TMS Pilihan Anda Dengan Tim Management, Lalu Segera Tentukan Pilihan

Setelah melakukan beberapa tahapan diatas, langkah selanjutnya adalah bermusyawarah dengan tim management. Hal ini perlu dilakukan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Biasanya, tim management akan melakukan evaluasi dan segera menentukan pilihan langkah yang paling tepat untuk dijalankan secepatnya.

Oke, itulah tadi artikel singkat dari kami tentang 5 tips memilih software TMS yang tepat untuk usaha Anda. Bagi pemilik perusahaan ekspedisi yang masih belum memiliki software TMS, Flits.id menyediakan software TMS modern berbasis cloud yang bisa membantu Anda dalam mengelola order penjualan, tracking kendaraan, perawatan kendaraan, sampai pembukuan dan laba/rugi per kendaraan dengan mudah dan terorganisir. Biaya investasinya pun sangat terjangkau untuk usaha skala UMKM. Bila Anda tertarik, bisa langsung cari tahu informasinya di flits.id

Latest News

Mengenal Jenis-jenis Karoseri Truk

Karoseri, diambil dari bahasa Belanda carrosserie, adalah penutup kerangka atau bagian utama kendaraan bermotor. Industri karoseri merancang dan membangun muatan di atas sasis atau kerangka internal yang sudah ada layaknya...

4 Tips Merawat Ban Truk Agar Tetap Awet

Ban adalah salah satu biaya operasional terbesar bagi perusahaan ekspedisi truk setelah bahan bakar. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik usaha angkutan truk untuk memastikan agar ban truk memiliki...

Pakai Ban Vulkanisir, Bahaya atau Tidak?

Ada dua jenis ban yang biasanya digunakan kendaraan besar seperti bus atau truk. Ban tersebut ialah ban keluaran pabrik dan ban vulkanisir. Ban pabrikan pasti sudah tak asing lagi di...

Pungli & Premanisme Terhadap Sopir Truk Container

Istilah pungli (pungutan liar) pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Praktik pemerasan ini bukan lagi merupakan suatu rahasia, terlebih dalam hal pelayanan publik. Jika ingin urusan dipermudah dan...
Subscribe for News

For updates and exclusive offers,
enter your e-mail below.